Pengiriman Barang

Mau Kirim Barang ke Papua? Perhatikan Dulu 7 Tips Pengiriman Barang Berikut Ini!

Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini, mendorong pekembangan dalam dunia bisnis juga, terutama pada bidang perdagangan. Di dunia digital seperti sekarang ini, menuntut pelaku bisnis untuk mengubah cara menjual barangnya. Banyaknya platform yang menawarkan untuk beli online ini lah yang menuntut pelaku bisnis juga mau tak mau mengikuti perkembangan zaman untuk menjajakan produknya secara online pula. Hal ini tentu saja akan berbanding lurus dengan kebutuhan dalam hal pengiriman barang.

Ya, banyaknya platform jual beli secara online sangat membantu Anda sebagai pelaku bisnis untuk dapat menjual produk ke seluruh Indonesia. Tidak heran, jika di zaman ini juga, jasa kirim barang semakin banyak dan semakin dibutuhkan.

7 Tips Pengiriman Barang ke Papua

Pengiriman Barang
Pengiriman Barang

Menjadi salah satu pulau terbesar ke dua di Dunia, tak heran jika permintaan barang ke Papua cukup banyak. Papua memiliki lebih dari 71% hamparan hutan hujan tropis yang sulit ditembus, hal itu dikarenakan hutan tersebut terdiri atas lembah-lembah yang curam dan pegunungan tinggi, bahkan sebagian dari pegunungan tersebut diliputi oleh salju. Hal ini membuat Anda yang ingin berkirim barang ke Papua harus sangat memperhatikan prosedur pengiriman barang.

Nah, berikut ini akan diberikan 7 tips pengiriman barang, simak baik-baik ya!

1. Gunakan Perlindungan Extra

Saat berikirim barang, Anda tentunya menginginkan barang itu sampai dengan selamat tanpa cacat ke tempat tujuan. Jika Anda adalah seorang penjual, Anda tentunya bertanggung jawab penuh terhadap barang konsumen, maka dari itu, sebelum melakukan pengiriman barang, gunakanlah perlindungan lebih saat membungkus barang yang akan di kirim.

Terlebih jika barang yang Anda kirim adalah barang pecah belah atau elektronik. Untuk barang-barang yang sensitif terhadap benturan, Anda bisa gunakan bubble wrap, styrofoam box, ataupun kotak kayu.

2. Asuransikan Barang Anda

Seberapa mahal barang yang akan Anda kirimkan? Semakin mahal harga barang yang ingin Anda kirim, tentu rasa khawatir Anda juga semakin besar terhadap perjalanan barang itu nantinya. Maka dari itu, hal yang perlu Anda lakukan adalah mengasuransikan barang Anda sebelum Anda kirim. Dengan mengasuransikan barang Anda, Anda tidak lagi perlu khawatir, karena jika ada kerusakan, jasa ekspedisi yang Anda gunakanlah yang akan menanggungnya.

3. Kenali Jenis Barang Anda

Sebelum mengirimkan barang, Anda harus kenali dulu jenis barang yang Anda kirim. Karena biasanya jasa ekspedisi akan memperlakukan calon barang ekspedisi seseuai jenisnya. Mereka akan memisahkan barang yang dianggap berbahaya, seperti barang mudah pecah, mudah terbakar, dan lain-lain. Maka dari itu, Anda harus menginformasikan kepada pihak ekspedisi mengenai jenis barang Anda.

4. Ukuran Barang

Setiap jasa ekspedisi, memiliki kenteuan terhadap berat minimum dan maksimum untuk barang yang akan dikirim. Bagi Anda yang ingin mengirimkan barang ke Papua, tentu harus paham mengenai total volume dan berat sesunngguhnya barang Anda. Dengan begini, dapat memudahkan Anda dalam mengira-ngira biaya kirim yang akan dikeluarkan. Mengingat biaya kirim barang keluar pulau cukup mahal.

5. Simpan Nomor Resi Untuk Pelacakan Barang

Nomor resi akan Anda dapatkan saat Anda telah memasukan barang Anda ke jasa ekspedisi. Nomor ini harus Anda simpan baik-baik. Kenapa? Pengiriman ke luar pulau terlebih ke Papua, tentunya memerlukan waktu yang lama. Nah, dengan nomor resi inilah Anda bisa memantau pergerakan barang Anda.

Jadi, Anda bisa tahu, barang Anda sudah diproses apa belum, barang Anda sampai mana, dan apakah barang Anda sudah sampai ketangan penerima atau belum. Jadi, jangan sampai hilang ya, sebelum ada status barang diterima oleh orang yang tepat.

6. Sesuaikan Jenis service yang dibutuhkan, door to door atau door to port.

Service door to door  berarti barang yang Anda kirim akan dikirimkan oleh pihak ekspedisi hingga ke tangan penerima langsung atau pihak ekspedisi akan datang ke alamat yang tertera secara langsung. Sedangkan service door to port berari pihak ekspedisi hanya akan mengirimkan barang sampai pelabuhan atau terminal terdekat dari alamat yang tertera. Tentu, service door to door biayanya akan lebih mahal dibanding door to port. Jadi, bijak-bijak memilih ya!

 7. Gunakan Jasa Cargo yang Tepat

Untuk pengiriman barang luar pulau, Anda harus jasa cargo yang tepat. Jika Anda menginginkan barang Anda cepat sampai Anda bisa menggunakan cargo via udara, namun jika barang Anda cukup banyak dan berukuran besar, Anda bisa menggunakan cargo via kapal laut.

Itulah 7 tips pengiriman barang yang harus Anda perhatikan.

FAQ Pengiriman Barang ke Papua Pakai Jasa Logistik Cargonesia

Nah, jika sudah paham mengenai prosedur sebelum berkirim barang, sudahkah Anda menentukan jasa cargo untuk berkirim barang ke luar pulau, khususnya Papua? Atau bingung mencari jasa cargo yang murah untuk berkirim ke luar pulau? Jangan khawatir, Cargonesia Express bisa jadi pilihan Anda untuk menjadi jasa cargo Anda ke Papua.

Apa itu cargonesia?

Cargonesia merupakan jasa ekspedisi yang dapat melayani pengiriman barang antar kota antar provinsi, dan antar pulau dengan harga terjangkau. Anda bisa buktikan dan gunakan Cargonesia sekarang juga!

Berapa Tarif yang Dibandrol Untuk Pengiriman Cargo ke Papua Via Kapal Cargo?

Tarif yang dibebankan untuk pengiriman barang ke Papua via Kapal Cargo yakni 8,500-13,000 rupiah/Kg dengan minumum charge 250Kg.

Berapa Lama Estimasi Pengiriman, Dari Jakarta ke Papua?

Anda tentu sudah paham jika berkirim ke luar pulau membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk mengirimkan barang ke Papua, Cargonesia memberikan estimasi 2-3 Minggu sejak kapal/truk berangkat.

Apakah Cargonesia Memiliki Service Pick Up di Tempat?

Ada. Barang Anda akan jemput oleh tim Cargonesia langsung ke lokasi Anda dengan fasilitas gratis khusus untuk wilayah DKI jakarta. Sedangkan untuk area Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi akan dikenakan sedikit tambahan biaya untuk pengambilannya.

Apa Armada yang Digunakan ke Lokasi Tujuan di Daerah?

Untuk keamanan Cargonesia menggunakan kapal Cargo Container untuk Armadanya. Selain lebih aman, menggunakan kapal Cargo Container bisa lebih menghemat biaya.

Apakah Bisa di Tracking Pengirimannya?

Untuk tracking pengiriman, saat ini sistem Aplikasi sedang dalam masa penyelesaian akhir dan jika tidak ada hambatan, dalam waktu dekat ini akan segera duluncurkan.

Apakah Cargonesia Memiliki Layanan Packing Kayu?

Cargonesia siapa membantu Anda untuk urusan packing. Berbagai packing tersedia di Cargonesia, termasuk packing kayu. Tidak perlu khawatir, karena tarif untuk packing sangat murah dan tentunya trasparan.

Apakah Ada Jaminan Barang Aman?

Setiap Jasa ekspedisi tentunya memiliki tanggun jawab penuh atas barang yang akan dikirim, begitu pula Cargonesia. Setiap barang yang Anda kirimkan melalui Cargonesia, mereka akan cover asuransinya dengan Biaya Premi Gratis (khusus barang dengan nilai di bawah 50 Juta).

Nah, itulah sedikit mengenai beberapa pertanyaan untuk mengetahui lebih lanjut jasa ekspedisi Cargonesia. Sudah paham kan?  Tunggu apa lagi, yuk kirim barang ke Papua menggunakan Cargonesia!

Scroll to Top